Mengapa Israel Kebal Hukum dan Selalu Dibela AS dalam Menindas Palestina?

Israel adalah negara penerima bantuan asing terbesar AS di era pasca Perang Dunia II. Pada 2016, Barack Obama menandatangani perjanjian pertahanan di mana AS menggelontorkan bantuan militer sebesar USD 38 miliar atau setara Rp 556,2 triliun untuk Israel selama 10 tahun, termasuk mendanai pembangunan sistem pertahanan rudal Iron Dome.

Ada sejumlah organisasi di AS yang mengadvokasi dukungan AS terhadap Israel, salah satunya Komite Urusan Publik Orang Amerika Israel atau AIPAC yang paling berpengaruh secara politik.

Setiap tahun AIPAC menggelar konferensi tahunan di Washington, DC yang dihadiri sekitar 20.000 orang. Para pejabat tinggi atau politikus AS juga kerap hadir, seperti Presiden Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump.

Mantan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu juga menjadi peserta tetap konferensi ini.

Kelompok kepentingan yang pro Israel juga kerap menyumbangkan jutaan dolar untuk para kandidat calon legislatif federal. Selama musim kampanye 2020, kelompok pro Israel menyumbang USD 30,95 juta di mana 63 persen mengalir ke Demorkat dan 36 persen ke Republik. [Merdeka]