Militer Baghdad Umumkan Berhasil Rebut 70% Sisi Barat Kota Mosul

Eramuslim – Senin 24 April 2017, militer militer Baghdad dan pasukan gabungan mengumumkan telah berhasil merebut 70 persen bagian barat wilayah Mosul dari tangan mujahidin Irak, sejak diluncurkannya tahap kedua operasi pembebasan pada bulan februari kemarin.

“Tentara Irak dan telah berhasil mengontrol 70 persen dari sisi barat lingkungan kota Mosul. Dan sisanya masih berada di bawah kekuasaan kelompok mujahidin yang kini berada dalam sasaran tembak pasukan kami,” ujar juru bicara pimpinan operasi bersama Brigadir Jenderal Yahya Rasul.

Brigjen Yahya melanjutkan, “ Tentara Irak dan pesawat tempur terus membombardir mujahidin Islam menggunakan senjata pintar dengan kehancuran terbatas yang meminimalisir jatuhnya korban sipil.”

Tahap pertama operasi militer pembebasan kota Mosul dari mujahidin Irak dimulai pada bulan Oktober 2016 lalu, kemudian dilanjutkan pada 19 Februari untuk merebut sisi barat kota.

Perlu diketahui bahwa untuk membebaskan kota Mosul, pemerintah Syiah Baghdad harus berkerjasama dengan milisi Syiah bentukan Iran, pasukan Kurdistan Irak, dan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat. (Anatolia/Ram)