Militer Malaysia Akan Bergabung Dalam Misi Kemanusiaan di Rakhine State

Eramuslim – Kepala jendral Raja Muhammad Affandi Raja Muhammad Noor menyatakan Angkatan Bersenjata Malaysia (MAF) siap bergabung dalam misi kemanusiaan membantu komunitas Rohingya di Rakhine, Myanmar, jika diperlukan.

Raja Muhammad Affandi mengatakan, MAF adalah organisasi yang memiliki banyak pengalaman dalam misi kemanusiaan di seluruh dunia, dan memiliki batalyon khusus untuk melaksanakan tugas khusus tersebut.

Tercatat MAF telah berpartisipasi dalam misi kemanusiaan di Lebanon, Kongo, Somalia, Namibia dan Kamboja serta misi terorganisir di Aceh, Indonesia dan Filipina.

“Kemarin saya diinstruksikan oleh Menteri Pertahanan (Hishammuddin Hussein) untuk melihat apa yang bisa kita siapkan untuk membantu orang Rohingya di Rakhine dan mereka yang mencari perlindungan di perbatasan Bangladesh,” ujar Raja Muhammad Affandi saat konferensi pers ulang tahun Angkatan Bersenjata Malaysia, sebagaimana dilansir Bernama, Jumat (8/9).

Raja Muhammad Affandi melanjutkan, “Kita bisa bergerak (dengan misi kemanusiaan) jika diperlukan, jika ada kebutuhan akan obat-obatan, kita bisa mendirikan rumah sakit lapangan, kita memiliki kemampuan.”

Selain itu Malaysia juga berencana memfasilitasi MAF untuk bergabung dalam misi kemanusiaan dan pemeliharaan perdamaian. “Warga Malaysia umumnya orang baik, jadi mudah bagi kita untuk bergabung dengan misi kemanusiaan dan penjaga perdamaian di negara-negara yang penuh gejolak,” katanya.

Skuad MAF yang didukung oleh relawan iM4U diperkirakan akan berangkat ke Dhaka dan Chittagong, Bangladesh pada hari Sabtu (9/09) ini untuk melakukan survei misi kemanusiaan setelah krisis yang terjadi di perbatasan Rakhine. (Ar/Ram)