Mujahidin Suriah Kembali Rebut 3 Desa Di Hama Utara

Eramuslim – Mujahidin Suriah kembali membebaskan tiga desa baru dalam pertempuran Hama di hari ketiga, Kamis (23/03). Bahkan salah satu desa dikabarkan direbut tanpa perlawanan.

Mujahidin Suriah memastikan merebut desa Kawkab di pedesaan Hama utara setelah berhasil memasuki desa tersebut. Kemajuan ini diraih tanpa pertempuran. Pasalnya, militer Suriah telah meninggalkan desa tersebut sebelum pejuang bergerak.

Menurut laporan sejumlah sumber, seperti dilansir awwsat.com, pejuang mengirim tiga bom mobil ke desa tersebut. Ternyata, serangan itu membuat mental militer Suriah jatuh dan melarikan diri sebelum bertempur.

Desa lainnya dibebaskan pada hari Rabu (22/03) adalah Iskandariyah dan Syalyuth di pedesaan Hama Utara. Pejuang terlibat pertempuran sengit di dua desa tersebut. Sejumlah milisi pro rezim dikabarkan berhasil ditawan dan sejumlah lainnya tewas.

Selain itu, pejuang juga meraih kemajuan di sejumlah front pertempuran, seperti dilaporkan pengawas HAM Suriah. Front paling penting di desa Syalyuth. Pasalnya, front ini paling dekat dengan kota Hama.

Sejak pertempuran Hama diluncurkan pada Selasa lalu, pejuang telah merebut 40 titik, 11 di antaranya desa dan kota. Saat ini, jarak antara pejuang dan pusat kota Hama hanya 3,5 kilometer. Sementara dari bandara militer Hama hanya 3 kilometer. (Kiblat/Ram)