NASA Klaim Menemukan Planet Seperti Bumi

Eramuslim – Sebuah planet diluar Tata Surya baru saja ditemukan oleh satelit pemburu planet milik NASA yang bernama Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS), menurut badan tersebut planet ini seukuran dengan Bumi dan mengorbit bintang sekitar 100 tahun cahaya dari Bumi.

Temuan ini menarik bagi para astronom karena ini adalah salah satu dari beberapa planet yang berpotensi dihuni.

Dilansir dari laman AsiaOne, planet tersebut berpotensi dihuni yang disebut “”TOI 700d”” relatif dekat dengan Bumi dengan jarak 100 tahun cahaya.

Temuan ini diumumkan pada pertemuan ke-235 American Astronomical Society pada Senin, 6 Januari 2020 di Honolulu.

Para astronom mengkonfirmasi penemuan mereka menggunakan kemampuan inframerah Spitzer Space Telescope milik NASA dengan pengamatan lanjutan.

Planet ini adalah bagian dari sistem multi-planet di sekitar TOI 700, bintang kerdil yang berada di konstelasi Dorado. Itu hanya sekitar 40% dari massa dan ukuran matahari kita, dengan setengah dari suhu permukaan, seperti dimuat di CNN, Selasa (7/1/2020).

Dari bintangnya yang lebih kecil, planet ini menerima sekitar 86% energi yang disediakan matahari untuk Bumi. Planet ini dianggap terkunci secara tidal, artinya satu sisi selalu berada di siang hari. (tsc)