2 Lembaga Ini Bisa Membongkar Pertemuan Rahasia Jokowi Dengan Bos Freeport

Eramuslim – Pertemuan rahasia antara Presiden Joko Widodo dengan bos Freeport McMoran James R Moffet yang dibongkar mantan Menteri ESDM Sudirman Said menimbulkan spekulasi di ruang publik.

Demikian disampaikan mantan Jurubicara Presiden Abdurrahman Wahid, Adhie M Massardi kepada Kantor Berita Politik RMOL di Jakarta, Jumat (22/2).

Adhie mengatakan, pertemuan tertutup antara Jokowi dengan bos Freeport itu tentu menjadi perbincangan hangat di tengah-tengah masyarakat. Sebab, Freeport dengan tambang emasnya memilki rentetan sejarah yang begitu rumit dan pelik bagi Indonesia.

“Menurut saya, dan saya menduga itu (Freeport) skandal ya. Saya lebih percaya pak Sudirman Said,” sebut Ketua Perkumpulan Swing Voters (PSV) ini.

Karenanya, Adhie meminta lembaga yang berwenang untuk bertindak dan membongkar dugaan skandal perpanjangan Freeport agar tidak menjadi bola liar yang terus bergulir.

“DPR dengan hak interpelasinya dan KPK juga dengan menyadap hasil obrolannya (Jokowi dengan bos Freeport) misalnya kan bisa,” ungkapnya.

Terlebih, lanjut Adhie, PT Freeport telah ikut menyumbang pelanggaran dengan dampak pembuangan limbah operasional penambangan (tailling) di sungai, hutan hingga kawasan laut. Dan jika dirupiahkan kerugiannya mencapai Rp 185 triliun setiap tahun.

“Karenanya, ini (pertemuan Jokowi dengan bos Freeport) perlu ditelisik lebih lanjut agar tidak menimbulkan dugaan macam-macam di tengah masyarakat,” tutupnya. (rmol)

Buku pilihan pekan ini,  silahkan pesan stok terbatas, klik ini :

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-preorder-edisi-revisi-penyempurnaan-digest-12-imperialisme-kuning.htm