3 Cara Gubernur Anies Sejahterakan Warga Lansia Jakarta

Eramuslim – Gubernur DKI Anies Baswedan berkomitmen akan meningkatkan kesajehteraan para lanjut usia (lansia) di Jakarta. Menurut mantan Mendikbud ini, setidaknya ada tiga cara agar kesejahteraan mereka dapat terwujud.

“Pertama, peningkatan masyarakat lanjut usia dikarenakan harapan hidup yang meningkat,” ujar Anies saat membuka kegiatan Temu Konsultasi Komisi Daerah (Komda) Lanjut Usia se-Jawa dan Bali tahun 2018 yang berlangsung di Balai Agung DKI Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Kedua, perlu ada koordinasi baik dengan institusi-institusi swasta terutama dalam jaminan kesehatan bagi para lansia.

 

“Adanya program-program jaminan dari institusi privat institusi swasta yang harus dikoordinasikan dengan baik, terutama dalam jaminan kesehatan dan masa tua dari asuransi pihak swasta,” ujar Anies.

Selanjutnya, kata Anies, terakhir yang ketiga adalah harus ada revisi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Sebab UU harus sesuai dengan perkembangan zaman agar kesejahteraan lansia lebih diperhatikan.

“Kelebaran ketimpangan sehingga potensi kendala kesejahteraan bagi masyarakat lansia yang jumlahnya mungkin akan membesar di masa mendatang. Jadi harapannya peraturan-peraturan yang sekarang bisa di- review untuk nantinya bisa sesuai dengan zaman hari ini,” tegas Anies. (tsc)