4 Sikap MUI Terhadap Genosida Muslim Rohingya di Myanmar

Eramuslim – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk keras pembantaian yang dilakukan militer Myanmar terhadap etnis Muslim Rohingya di provinsi Arakan dalam satu pekan terakhir.

Selain mengutuk, melalui Sekretaris Jenderal Anwar Abbas, MUI mengeluarkan 4 sikap terhadap aksi kebrutalan militer Myanmar terhadap etnis Muslim Rohingya seperti dilansir Jawa Pos pada Sabtu (2/09).

Berikut 4 sikap MUI terkait Genosida Rohingya:

Pertama, mengembalikan keamanan di daerah Rakhine State tempat etnis Muslim Rohingya tinggal, dan menghormati hak-hak masyarakat terutama penduduk etnis Rohingya.

Kedua, menghentikan segala bentuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh pemerintah dan militer Myanmar terhadap etis Rohingya yang ada di Rakhine State.

‎Ketiga, melindungi seluruh penduduk yang ada di Myanmar dan hak-haknya, tidak hanya bagi mereka yang beragama Islam tetapi juga yang lainnya.

Keempat, meminta kepada lembaga kemanusiaan internasional dan dari Indonesia untuk masuk ke Rakhine State, tempat etnis Rohingya tinggal untuk memberikan bantuan.

“Jadi memberikan bantuan dan pertolongan kepada masyarakat yang telah menjadi korban kekerasan, dan yang hidup dan kehidupan mereka merasa terancam,” pungkas Anwar Abbas. (Jp/Ram)