5 Daftar Kebijakan Plin-plan Jokowi yang Batal ‘Secepat Kilat’

Eramuslim – Pemerintah yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) tercatat telah berulang kali mengubah kebijakan dalam tempo yang singkat. Padahal, kebijakan tersebut sudah diumumkan kepada publik tapi kemudian malah dibatalkan.

Kerap kali juga kebijakan yang sudah pasti disusun dengan rinci dan mempertimbangkan banyak hal kemudian diubah dalam waktu singkat.

Padahal, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah ini sangat penting bagi kepastian dalam dunia usaha untuk menjaga ekosistem bisnis. Kepastian membuat pengusaha mampu mengatur rencana bisnisnya sehingga akhirnya target pertumbuhan yang ingin dicapai bisa didapat.

Kepastian dalam dunia usaha bisa dilihat mulai dari asumsi-asumsi makro seperti nilai tukar, inflasi, suku bunga, dan sebagainya. Kepastian dalam dunia usaha juga dibutuhkan dari kebijakan yang diambil oleh pemerintah selaku regulator.

detikFinance merangkum lima kebijakan plin-plan Pemerintahan Presiden Jokowi yang sudah diumumkan ke masyarakat hingga kemudian dibatalkan. Berikut rangkumannya:

1. Harga BBM
Tak cuma soal tarif jalan tol, pemerintah juga sempat mengguncang pemberitaan dengan membatalkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium hanya dalam waktu satu jam.

Di tengah rangkaian acara pertemuan IMF-World Bank di Bali, pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM yang diwakili Menteri ESDM Ignasius Jonan mengumumkan kenaikan harga BBM premium.