free hit counters
 

5 Negara Ini Dinilai Gagal Memindahkan Ibu Kota, Ada yang Pegawainya Enggan Ikut Pindah

Redaksi – Minggu, 23 Januari 2022 11:00 WIB

eramuslim.com – Ibu Kota Indonesia akan dipindah dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada 2024. Indonesia bukanlah negara pertama di dunia yang memindahkan ibu kota negara. Beberapa negara pernah melakukannya.

Banyak yang berhasil, namun tak sedikit juga yang gagal. Berikut sejumlah negara yang dinilai gagal memindahkan ibu kota negara yang dirangkum Tempo dari berbagai sumber:

1. Myanmar

Myanmar memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara dari Yangon ke Naypyidaw. Rencana tersebut dicetuskan pada 2001 dan rampung pada 2005. Naypyidaw difungsikan sebagai kota administratif.

Semua fungsi pemerintahan dialihkan ke kota tersebut pada 2006. Kendati semua infrastruktur telah dibangun, termasuk jalan penghubung, hotel, maupun pusat perbelanjaan, namun ibu kota yang baru tersebut sepi.

Kegagalan tersebut disebabkan minimnya keterlibatan publik dalam perancangan, pembentukan, dan pemindahan ibu kota.

2. Australia



Melbourne dan Sydney pernah bersaing untuk menjadi ibu kota negara Australia. Untuk meredakan persaingan kedua kota, pemegang kebijakan setempat mendirikan Canberra sebagai ibu kota negara yang baru pada 1913.

Canberra difungsikan sebagai pusat administratif, di mana dibangun Gedung Parlemen dan Pengadilan Tinggi Australia serta kantor pusat semua departemen pemerintah federal dan militer.

Pada 1996, Perdana Menteri John Howard mengumumkan kepada publik bahwa dirinya memilih pindah ke Kirribilli House yang menghadap Pelabuhan Sydney.

Publik Australia menilai ini merupakan semacam pengakuan diam-diam atas kegagalan pemindahan ibu kota. Bahkan Mantan Perdana Menteri Paul Keating mengatakan Kota Canberra merupakan salah satu kesalahan terbesar negara Australia dan harus segera ditinggalkan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru