5 Negara yang Menolak Bertanding dengan Israel

Why boycott Israel? | Opinions | Al Jazeera

Eramuslim.com – Kontroversi penolakan kedatangan tim nasional (timnas) Israel ke Indonesia untuk Piala Dunia U-20 mendatang sudah mencuat ke publik. Penolakan ini sesuai dengan amanat UUD 1945 untuk menolak segala bentuk penjajahan.

Apalagi, sikap Republik Indonesia ini yang sudah lama diulang-ulang oleh Presiden Soekarno. Selain Indonesia, banyak negara menolak Israel. Berikut daftar negara negara yang menolak Israel yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/3/2023):

1. Indonesia

Baru-baru ini, beberapa pihak Indonesia mengumumkan penentangan terhadap kedatangan timnas Israel ke Indonesia terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 yang akan dimulai pada 20 Mei mendatang. Namun karena penolakan tersebut, Indonesia dibatalkan sebagai tuan rumah sesuai keputusan FIFA.

Penolakan timnas Israel tersebut tentunya terkait dengan konflik antara Israel dan Palestina. Sampai saat ini Israel telah menduduki Palestina. Hal itu tidak sesuai dengan konstitusi UUD 1945. Padahal, jauh-jauh hari Presiden Sukarno dengan tegas menolak timnas Indonesia melawan Israel di kualifikasi Piala Dunia 1958.

2.Malaysia

Bersamaan dengan Indonesia, Malaysia juga mengalami hal yang sama pada 2019. Saat itu, Malaysia dinobatkan sebagai tuan rumah World Para Swimming Championships 2019. Namun, bertentangan dengan implementasinya, pemerintah Malaysia menolak masuknya atlet Israel. Saat itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, dengan tegas menolak masuknya atlet Israel ke Malaysia. Baginya, Malaysia tidak bermoral jika menerima atlet Israel.

3. Aljazair

Aljazair telah menunjukkan dukungannya untuk Palestina dan secara terbuka menyatakan menolak hubungan baik dengan Israel. Hal itu dibuktikan salah satu atlet judo Aljazair, Fethi Nourine, yang mengumumkan pengunduran dirinya dari Olimpiade Tokyo karena tak ingin bersaing dengan atlet Israel. Tak hanya sekali ia mundur dari Piala Dunia 2019 di Tokyo karena alasan yang sama. Selain itu, pemerintah Aljazair melarang keras kunjungan warga Israel.

4.Iran

Seperti Aljazair, Iran adalah negara yang paling vokal menolak bermain bersama timnas Israel (Timnas). Bahkan, pemain Panionios FC Iran Hajsafi dan Shojaei dicoret dari skuat timnas Iran. Ini karena mereka menghadapi Klub Israel. Mereka dianggap pelintas batas dan diusir serta tidak masuk dalam skuat timnas Iran.

5. Mesir

Mesir bergabung dengan daftar negara yang menolak Israel. Mesir menjadi negara yang menolak melawan Israel di kualifikasi Piala Dunia 1958 karena alasan yang sama. Mereka membuat keputusan tersebut sebagai bentuk solidaritas dengan rakyat Palestina. Mesir adalah negara Muslim dan tidak mau mendukung negara manapun yang berkonflik dengan Palestina.

(okezone)

Beri Komentar