5.000 Muslim Bali Bersih-Bersih Pantai Kuta

Eramuslim – Sebanyak 6.200 Muslim yang tergabung dalam Komunitas Muslim Peduli Bali (KMPB) terjun membersihkan empat titik pantai di Kabupaten Badung, Bali, pada hari Minggu (7/1) kemarin. Aksi sosial ini dilakukan untuk membersihkan sampah yang banyak mengotori pantai di Bali.

Empat titik tersebut yakni Pantai Kuta, Pantai Legian (Padma), Pantai Seminyak (Double Six), dan Pantai Petitenget. Angka peserta yang datang melebihi target panitia sebanyak 5000 peserta. Sejak pukul 06.00 WITA, umat Muslim sudah memadati di area pantai yang ditentukan sebagai titik kumpul oleh panitia.

Mengenakan pakaian berwarna putih dan memakai penanda pita merah putih, dengan tertitb dan antusias peserta langsung memunguti sampah pantai. Hebatnya seluruh peserta yang merupakan perwakilan komunitas muslim di Bali melepas atribut organisasi yang menanunginya.

“Awalnya kami hanya membatasi seribu orang saja, namun animo peserta begitu tinggi dari umat muslim di Bali membuat panitia harus mengakomodasi keinginan mereka,” jelas H. Ismoyo Soemarlan, inisiator kegiatan bersih-bersih pantai KMPB, usai kegiatan.

Menurut H. Ismoyo, pantai-pantai di Bali  sudah menjadi ikon pariwisata dunia. Terlebih belakangan ini banyak sampah kiriman yang mengotori pantai wisata.