7 Pemain Asing yang Jadi Mualaf di Indonesia (Bag.I)

Eramuslim – Tidak sedikit pesepak bola dunia yang memeluk agama Islam. Indonesia yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di dunia sedikit banyak memengaruhi beberapa pesepak bola asing untuk menjadi mualaf.

Tujuh pesepak bola di bawah ini memeluk agama Islam dan mengucap kalimat syahadat di Indonesia.

1. Cristian Gonzales

Pertemuan Cristian Gonzales dengan sepak bola Indonesia mengantarkannya ke agama Islam. Pada 2003, striker asal Uruguay yang kini telah menjadi WNI berkostum PSM Makassar.

Kultur masyakakat Makassar yang sebagian besar memeluk Islam sedikit banyak berpengaruh pada proses Gonzales jadi mualaf. Tapi, ada satu momen yang membuat ia benar-benar mantap menjadi muslim, yakni melihat sang istri, Eva Siregar berwudu.

Gonzales yang menikahi Eva pada 1995 mengucap kalimat syahadat pada 9 Oktober 2003 di Surabaya dengan nama Mustafa Habibi.

Kehidupan religi Gonzales semakin kuat menginjak usia 40 tahun. Hingga saat ini, El Loco dan keluarga selalu menjalankan tradisi Tahlilan pada malam hari sebelum pertandingan. Selain itu, El Loco juga menyantuni anak yatim piatu dan membangun Musala di Mojokerto.

2. Marcio Souza

Pemain asal Brasil Marcio Souza mengucak kalimat syahadat saat memperkuat Semen Padang pada 2010. Marcio dipimpin Ketua MUI Kota Padang pada waktu itu, Buya Syamsul Bahri Khatib, untuk melafalkan kalimat syahadat di Masjid Nurul Iman, Kota Padang, 28 Maret 2010.