700 Pengungsi Muslim Rohingya Mendarat di Langsa Aceh Setelah Ditolak Malaysia

pengungsi rohingyaEramuslim.com – Lebih dari 700 imigran muslim Rohingya dan Bangladesh tiba di pelabuhan Langsa, Aceh pada hari ini (Jumat, 15/5) setelah diselamatkan oleh enam kapal nelayan.
Para imigran itu diselamatkan setelah kapal mereka tenggelam di lepas pantai provinsi Aceh.
“Menurut informasi awal yang kami dapatkan dari mereka, mereka didorong pergi oleh angkatan laut Malaysia ke perbatasan perairan Indonesia,” kata Sunarya, kepala polisi di kota Langsa. Setelah mencapai wilayah Indonesia perahu mereka kemudian mati dan ditemukan oleh nelayan lokal yang mengangkut mereka ke pantai.
“Para nelayan setempat melihat perahu seperti mau tenggelam dan kemudian mereka membantu,” sambungnya. Sementara itu, seorang pejabat imigrasi di Langsa, Samsul Bahri menyebut bahwa jumlah imigran tersebut adalah 712 orang.  Channel News Asia mengabarkan bahwa kapal patroli Malaysia pada Rabu (13/5) mendorong kembali dua kapal imigran dari pulau-pulau Malaysia utara yakni Penang dan Langkawi.
Sementara itu, kapal berisi ratusan imigran Rohingya lainnya juga diketahui tengah dalam perjalanan ke Indonesia setelah meninggalkan perairan Thailand karena ditolak masuk.(rz)