90 Persen Calon Jamaah Haji Telah Lunasi ONH

Lebih dari 90 persen calon jamaah haji biasa tahun 2006, sudah melunasi ongkos naik haji, sementara jamaah ONH plus sudah harus melunasi pembayarannya sejak hari ini sampai 4 Agustus mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pelayanan Haji dan Umroh Departemen Agama Zakaria Anshar disela-sela Diskusi Persiapan Haji tahun 2006, di Kantor Kementerian Bidang Kesra, Jakarta, Senin (31/7).

"Berdasarkan data Sistem Komputerisasi HajiTerpadu, sampai saat ini yang melunasi pembayaran haji sebanyak 176.131 orang, dari quota 189.000 calon jamaah haji,"katanya.

Menurutnya, jika sampai batas pelunasan tanggal 4 Agustus 2006, quota belum terpenuhi maka akan ada perpanjangan waktu pelunasan selama 7 hari kerja.

Lebih lanjut Zakaria menegaskan, quota haji untuk tahun 1427 hijriah masih sama seperti tahun lalu, yakni berjumlah 205 ribu calon jamaah haji, dengan perincian quota untuk ONH plus berjumlah 16 ribu kursi dan quota haji biasa 189 ribu kursi.

Ia menambahkan, untuk calon jamaah haji yang tidak batal berangkat tahun lalu, akan mendapatkan pilihan pendaftaran tahun ini yakni sebagai ONH plus ataupun haji biasa.

"Kita akan cari jalan keluar, dan persiapan kursi khusus untuk calon jamaah haji yang batal berangkat tahun lalu," tandasnya.

Sementara itu untuk perbaikan fasilitas ibadah haji, Ia menjelaskan, tahun ini pihak penyelenggara ibadah haji akan lebih memfokuskan perbaikan pada pemondokan haji.(novel)