Ada 7 Juta Pengangguran di Indonesia, 10 Juta Lapangan Kerja Kemana?

Eramuslim.com – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkap kekhawatirannya terhadap meningkatnya jumlah pengangguran berpendidikan di Indonesia.

Ia menyebutkan, setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah sarjana, namun sedikit yang langsung diterima bekerja.

“Sekitar 8,8 persen dari total 7 juta pengangguran di Indonesia merupakan sarjana yang menganggur pasca lulus. Ini sangat mengkhawatirkan,” kata Nasir dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/3/2018)

Untuk itu Nasir terus berupaya mendorong peningkatan daya saing bangsa. Di bidang pendidikan tinggi, ia menyampaikan pentingnya kontribusi perguruan tinggi dalam mempersiapkan tenaga kerja yang terampil, berpendidikan tinggi serta berwawasan global.

“Perguruan tinggi harus mampu menghasilkan sumber daya yang mampu bersaing secara global,” ujar Nasir.

Nasir mengajak para wisudawan dan civitas akademika untuk ikut berkontribusi dalam upaya peningkatan daya saing bangsa secara global di era disrupsi teknologi.

“Kita telah memasuki era revolusi industri 4.0, yaitu era disrupsi teknologi, era berbasis Cyber Physical System. Ini merupakan tantangan baru yang dihadapi oleh negara-negara di ASEAN untuk mempersiapkan SDM-nya,” ucapnya.(yn/ant)

Saat kampanye Pilpres 2014, salah satu janji kampanye Jokowi adalah membuka 10.000.000 lapangan pekerjaan? Apakah ini sudah jadi kenyataan?