Ada Yang Aneh Dalam Kasus Blackout 408 PLN

Eramuslim.com – Tokoh nasional, Rizal Ramli, menegaskan, perlu pembenahan menyeluruh terhadap PLN setelah terjadi kasus listrik padam di sebagian Jawa pada Minggu hingga Selasa dinihari silam. “PLN belum membaik, harus dibenahi,” katanya.

Dalam rilis pada Selasa (6/8), Rizal menduga, kasus blackout listrik yang terjadi di sebagian Pulau Jawa, pada Minggu hingga Selasa dini hari, dilatari oleh kecerobohan manajemen PLN. “Dugaan ini harus diuji dan dinvestigasi,” katanya.

Rizal menyatakan, ada yang aneh dengan kejadian blackout kemarin. Ia bilang, pusat tenaga listrik di sekitar Jakarta cukup memadai. Tapi bahan bakarnya mahal, memakai gas. Mestinya, pembangkit mahal ini tidak dimatikan semua supaya ada cadangan.

Di sisi lain, pembangkit listrik di Jawa Timur memang punya energi primer lebih murah, yakni batubara. “Anehnya, kenapa semuanya, enam unit, kok down semua?” kata Rizal.

Yang jelas, ujar Rizal, kasus padamnya listrik menunjukkan tabir bahwa kekuatan energi Indonesia lemah. “Ternyata mudah sekali kita dilumpuhkan,” sindir mantan Menko Kemaritiman itu.

Kepada Presiden Joko Widodo, Rizal mengingatkan agar fokus pada pembenahan PLN dan sistem-sistem layanan lain agar tidak sepenuhnya tergantung pada listrik PLN.