Ade Armando Sebut Adzan Sebagai Kesepakatan Manusia Beritahu Waktu Shalat

Eramuslim – Dosen nyeleneh Universitas Indonesia Ade Armando mengaku tak ambil pusing soal pelaporan dirinya ke polisi, terkait unggahannya di Facebook yang menyebut azan tidak suci.

“Biasa-biasa saja sih, ini juga bukan pertama kali orang berusaha menuntut saya,” ujar Ade Armando melalui sambungan telepon kepada Tempo, Rabu (11/04).

Ade Armando dilaporkan oleh pengacara Denny Andrian Kusdayat ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Unggahan Ade yang dipersoalkan itu berbunyi “Azan tidak suci, azan itu cuma panggilan salat. Sering tidak merdu. Jadi, biasa-biasa sajalah”.

Kepada Tempo, Ade menegaskan tak ada yang salah dari unggahannya itu. Menurut dia, azan memang bukan hal suci karena merupakan kesepakatan manusia tentang bagaimana cara memberitahu waktu salat. “Bagi saya yang suci itu Allah, ayat-ayat Allah yang namanya Al-Qur’an itu suci,” katanya.

Ade Armando lalu bercerita, bahwa asal mula azan berasal dari sahabat Nabi Muhammad ﷺ yang mendapatkan mimpi. Lalu, Nabi Muhammad ﷺ menyetujui bahwa azan dijadikan cara memanggil orang-orang dan menandakan waktu salat. “Jadi di mana letak sucinya,” ucap Ade dengan nada bertanya.