Agartha, Kota di Perut Bumi yang Disebutkan dalam Alquran

Eramuslim – SEJAK zaman dahulu banyak manusia percaya dengan berbagai macam mitos dan legenda. Salah satunya sebuah teori yang menyebutkan bahwa bumi mempunyai lubang besar di bagian dalamnya. Di dalam lubang itulah terdapat daerah tersembunyi yang belum diketahui hingga saat ini.

Namun siapa sangka, kisah tentang tempat tersembunyi itu juga disebutkan di dalam Alquran. Mengutip kanal YouTube YtCrash Islam, dalam legenda tentang lubang besar yang tersembunyi di dalam bumi itu terdapat sebuah kota bernama Agartha. Hal ini sempat diterangkan dalam Alquran pada surat Al Taha ayat 6-7 yang berbunyi :

لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ وَمَا بَيۡنَهُمَا وَمَا تَحۡتَ الثَّرٰىوَاِنۡ تَجۡهَرۡ بِالۡقَوۡلِ فَاِنَّهٗ يَعۡلَمُ السِّرَّ وَاَخۡفٰى

Artinya: “Milik-Nyalah apa yang ada di langit, apa yang ada di bumi, apa yang ada di antara keduanya, dan apa yang ada di bawah tanah. Dan jika engkau mengeraskan ucapanmu, sungguh, Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi.”

Ayat ini ditafsirkan menyinggung tentang kehidupan bawah tanah, hingga memunculkan teori yang tidak dikenal manusia seperti Agartha.

Menurut legenda yang diceritakan, Agartha adalah tempat istimewa di mana penghuninya sangat sempurna, memiliki ilmu tinggi, dan kekayaan alam yang berlimpah.

Alexandre saint-yves d’alveydre menjadi orang yang pertama kali membawa legenda ini kepada oran-orang Eropa. Ia percaya bahwa tempat ini berada di kawasan Tibet.

Sementara itu, dalam ajaran Buddha juga dipercaya bahwa ada tempat tersembunyi semacam Agartha. Ada kerajaan di dasar bumi yang berisi roh-roh jahat bernama Agarthi.