Aksi 412, Terpantau Massa Tidak Fokus Menikmati Panggung Utama

Car Free Day di kawasan bundaran Hotel Indonesia Jakarta (ilustrasi).

Eramuslim.com — Aksi Kita Indonesia yang digelar di kawasan Car Free Day (CFD), Jakarta Ahad (4/12), membaur dengan ribuan warga yang berada di wilayah CFD Sudirman-Thamrin. Menyebarnya masyarakat membuat aksi Kita Indonesia terlihat tak terfokus dari panggung utama di kawasan Bundaran HI.

Sementara, massa aksi Kita Indonesia berkumpul di beberapa titik dengam membawa bendera partai dan identitas organisasi sayap partai. Di antaranya Golkar dan Nasdem. Di dekat panggung utama di kawasan Bundaran HI, kegiatan pertunjukkan budaya berbagai daerah berlangsung.Ketua Panitia, Viktor S Laiskodat mengatakan, acara aksi Kita Indonesia fokus menampilkan kegiatan seni budaya. Dia menegaskan, aksi 4 Desember bukan untuk tanding-tandingan dengan aksi Doa Bersama 2 Desember, dengan mengerahkan massa yang besar.

“Kita atraksi budaya dan refleksi kebangsaan akhir tahun,” kata Viktor kemarin. Jadi ia menegaskan tidak ada pengerahan massa besar besaran untuk aksi Kita Indonesia.

Hal ini pula lah yang membuat aksi Kita Indonesia sangat berbeda dengan aksi Doa Bersama di Monas, Jumat 2 Desember, lalu. “Jadi jangan di banding-bandingkan,” katanya.

Pantauan Republika.co.id, semakin siang massa aksi memang semakin menyebar dan tidak fokus pada panggung utama. Beberapa massa yang membawa identitas partai bahkan ada yang memilih berbelanja dan istirahat dari panggung utama.(dz/rol)