Aksi 78 Menit Kopassus, Raider, dan Taipur Kostrad Bebaskan Sandera di Papua

Eramuslim.com -Warga dua desa di Tembagapura akhirnya berhasil dibebaskan dari jerat kelompok kriminal bersenjata. Tim yang dibuat TNI dari berbagai satuan berhasil menguasai kedua desa hanya dalam waktu 78 menit.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel (Inf) Muhammad Aidi mengatakan, tim gabungan dari 13 personel Parako Kopassus, 30 personel Yonif 715/Raider, dan Taipur Kostrad bersama mengepung dua desa, yakni Kimbely dan Banti. Kedua tim bergerak mulai pukul 04.17 WIT menuju ke posisi yang sudah ditentukan sambil menunggu aba-aba.

“Pada waktu yang dikoordinasi pada Jam “J” pada pukul 07.00. Pasukan mulai bergerak ke arah posisi Kelompok KKB yang sedang berkumpul. 07.45 WIT suara ledakan dibunyikan dan seluruh anggota sniper langsung melakukan penyerangan kepada KKB sedang berkumpul di kandang babi di daerah Utikini,” kata Aidi dalam keterangannya, Jumat (17/11).

Serangan tiba-tiba yang dilakukan pasukan mengejutkan anggota KKB yang berada di lokasi. Mereka lalu berhamburan melarikan diri ke segala arah.

“Kelompok OPM berhamburan melarikan diri tanpa bisa melakukan perlawanan karena mereka sudah bisa memastikan itu adalah pasukan Parako (Para Komando-red) Kopassus,” imbuh Aidi.