Amien Rais Dukung Rocky Gerung: Penghamba Bandit Ekonomi Kita Kubur Bersama-sama

Amien Rais. (YouTube/Amien Rais Official)
Amien Rais. (YouTube/Amien Rais Official)

eramuslim.com – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Amien Rais mendukung Rocky Gerung melawan PT Sentul City Tbk.

Amien Rais menyoroti penguasaan lahan di Indonesia, termasuk oleh PT Sentul City yang sedang bersengketa dengan Rocky Gerung.

Amien Rais mendukung langkah Rocky Gerung untuk mempertahankan haknya yang terancam digusur oleh PT Sentul City.

Tokoh yang dijuluki Lokomotif Reformasi itu mengutip pernyataan Buya Syafii Maarif yang mengatakan bahwa terjadi penguasaan tanah oleh konglomerat di Indonesia.

93 persen tanah di Indonesia dikuasai oleh asing. Dari angka itu, 80 persen dikuasai konglomerat domestik dan 13 persen dikuasai oleh konglomerat asing.

Hanya 7 persen tanah di Indonesia yang kepemilikannya dimiliki oleh masyarakat biasa.

Amien juga mengutip pernyataan mantan Menteri Kehutanan MS Kaban yang menyatakan sekitar 74 persen tanah atau lahan di DKI Jakarta sudah dimiliki oleh beberapa korporasi dan oknum-oknum tertentu.

“Nah pertanyaannya siapa yang salah dalam hal ini?,” ucap Amien, dikutip Pojoksatu.id dari kanal YouTub Amien Rais Official berjudul “Rocky Gerung VS PT Sentul City, Potret Keadilan VS Kezaliman” pada Kamis malam (23/9/2021).

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat itu lantas menjawab sendiri bahwa yang salah adalah bandir pertanahan.

“Menurut saya para bandit besar pertanahan tu salah, itu jelas. Tetapi lebih salah lagi rezim penguasa yang memungkinkan penjarahan tanah itu menjadi legal, sekalipun menghancurkan rasa keadilan,” tegas Amien.