Anggota DPR: Harga BBM Naik Karena Jokowi Gagal Urus Rupiah

Eramuslim ā€“ Kenaikan beberapa jenis bahan bakar minyak (BBM) non subsidi seperti Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex dinilai sebagai imbas dari kegagalan pemerintah dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

Anggota Komisi VII DPR RI, Sayed Abubakar Assegaf mengatakan, meski yang dinaikkan adalah jenis BBM non subsidi, tetap saja keputusan ini akan membebani masyarakat luas.

“Terlebih lagi dengan adanya kebijakan mengurangi pasokan BBM jenis Premium beberapa waktu lalu sudah banyak masyarakat yang beralih menggunakan Pertamax,” sebut Sayed dalam keterangan yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (11/10).

Sejak pukul 11.00 WIB kemarin, harga Pertamax naik menjadi Rp.10.400, Pertamax Turbo Rp. 12.250, Dexlite Rp. 10.500, Pertamina Dex Rp. 11.850. Menurut Sayed, kenaikan harga BBM tersebut diakibatkan kekeliruan pemerintah mengelola perekonomian.

Antara lain kurs rupiah yang terus melemah terhadap dolar AS yang mencapai sekitar Rp 15.200 per dolar AS. Pada saat yang sama juga terjadi kenaikan harga minyak dunia yang menyentuh sekitar 80 dolar AS per barel.

“Volume impor Indonesia mencapai minyak mentah sebesar 360 ribu bopd dan 370 ribu bopd BBM. Atau sekitar separuh lebih produksi dalam negeri. Ini jelas membutuhkan dolar AS atau devisa yang tidak sedikit,” jelas politisi Partai Demokrat ini.