Anies-Sandi Luncurkan Kartu Pekerja, Ini Keunggulannya

Eramuslim – Kartu Pekerja resmi diluncurkan Pemprov DKI Jakarta bagi kaum buruh berpenghasilan UMP (Upah Minimum Provinsi), di Balai Kota, Jakarta, Jumat (12/1). Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan kartu tersebut merupakan bentuk keberpihakan pemerintah kepada nasib kaum buruh Ibu Kota yang selama ini terabaikan.

“Dalam rangka meningkatkan kesejateraan buruh berpenghasilan UMP, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan fasilitas berupa layanan Transjakarta gratis dan layanan untuk berbelanja di JakGrosir,” kata Sandi dalam sambutannya.

Dengan program Kartu Pekerja ini, fasilitas JakGrosir yang memiliki lebih dari 2000 macam item bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari nantinya dapat dinikmati oleh buruh berpenghasilan UMP.

Selain itu, buruh berpenghasilan UMP juga dapat mengikuti program subsidi pangan berupa pembelian bahan pokok yaitu daging sapi seharga Rp. 35.000 per kg; daging ayam seharga Rp. 8.000 per kg; beras seharga Rp. 30.000 untuk 5 kg; dan telur ayam seharga Rp. 12.500 per kg.

“Khusus untuk program subsidi pangan tersebut, para pekerja diharuskan membuka rekening di Bank DKI karena sistem pembelian non tunai atau cashless di lokasi pembelian pada pusat pendistribusian bahan pokok yang terdapat pada 72 pasar tradisional dan JakGrosir,” papar Sandi.