free hit counters
 

Ansyaad Mbai: Pusat Pelatihan “Teroris” akan Dibangun di Sentul

Furqan – Kamis, 25 Syawwal 1433 H / 13 September 2012 09:29 WIB

Ansyaad Mbai: Pusat Pelatihan

Kepala BNPT, Ansyaad Mbai, mengatakan bahwa saat ini sedang dibangun pusat pelatihan teroris berdasarkan anggaran pendapatan belanja negara 2012. Adapun tempat itu dibangun di wilayah Sentul.

“Anggaran belanja modal (dari APBN) itu kita rencanakan akhir tahun baru terealisasi. Wujudnya proyek di Sentul, pusat pelatihan teroris,” ujar Ansyaad saat ditemui di Kementerian Keuangan.



Ansyaad menjelaskan tempat pelatihan itu bukanlah tempat untuk melatih seseorang menjadi teroris. Sebaliknya, tempat pelatihan itu akan digunakan untuk membina teroris agar keluar dari “profesinya”.

Ansyaad menambahkan, tempat pelatihan teroris tersebut akan dilengkapi dengan instruktur yang bergerak di bidang penanggulangan teroris. Adapun rencana jumlah teroris yang akan dibina adalah 200 orang. “Jumlah teroris di penjara sekarang ada kurang lebih 200 orang,” ungkapnya.

Berbeda dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai, Wakil Menteri Pertahanan, Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan tempat pelatihan teroris di Sentul tidak akan berakhir seperti Guantanamo Bay. Dia juga mengatakan tempat pelatihan teroris itu secara konsep tidak jauh berbeda dengan tempat de-radikalisasi ulama. “Saya kira sama dengan tempat de-radikalisasi ya,” ujarnya.

Namun Sjafrie mengaku tidak berapa anggaran yang disiapkan pemerintah untuk mengembangkan tempat pelatihan tersebut.(fq/tempo)

Berita Nasional Terbaru