Antisipasi Macet Takbiran, Besok Busway Beroperasi Hanya Sampai Maghrib Atau Isya

buswayEramuslim.com – Layanan bus Transjakarta tidak beroperasi saat malam takbiran, Kamis (16/7). Pada hari tersebut, bus transjakarta reguler kemungkinan hanya akan beroperasi hingga pukul 18.00.

“Beroperasi hingga pukul 18.00 atau 19.00 untuk mengantisipasi padat dan macetnya jalan karena adanya malam takbiran serta risiko bahaya petasan,” kata Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih di balai kota, Selasa (14/7).

Sedangkan untuk layanan bus Transjakarta malam pada hari itu tetap beroperasi. Dimulai setelah pelaksanaan acara takbiran usai. Yakni, pukul 23.00 dan berakhir pukul 04.00. Itu berarti dipangkas satu jam dari biasanya yang beroperasi hingga pukul 05.00.

Untuk layanan bus Transjakarta reguler tanggal 17 Juli atau hari pertama Lebaran, akan mengalami penundaan pengoperasian. Jika biasanya mulai beroperasi pukul 05.00, pada hari itu berubah menjadi pukul 09.30. “Tujuannya untuk memberi kesempatan para pengemudi dan petugas menjalankan shalat Id terlebih dahulu,” ujar Kosasih. Perubahan jadwal juga berlaku untuk layanan bus tingkat pariwisata. Kosasih menyebutkan, pada tanggal 17 Juli, bus tersebut baru akan mulai beroperasi pukul 12.00, menyesuaikan dengan jam buka pusat perbelanjaan di hari raya Idul Fitri.

“Setelah tanggal 17 Juli, semua layanan bus akan kembali beroperasi seperti biasa,” jelasnya.(rz/jawapos)