Asyari Usman: Reuni 212 Menginspirasi Dunia

Eramuslim.com – Alhamdulillah, perhelatan damai Reuni 212 berjalan lancar. Tertib. Tidak ada insiden. Ada sejumlah peserta yang harus mengalami perawatan medis ringan, sangatlah wajar. Wajar, karena jutaan manusia berkumpul di satu kawasan pada saat yang bersamaan.

Insiden lainnya adalah percobaan orang dengki untuk menggagalkan acara yang khidmat itu. Ada yang memasang bom rakitan tetapi digagalkan oleh Allah SWT.

Hari ini, Reuni 212 telah berubah menjadi aset bangsa sebagimana dikatakan oleh Ustad Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Beliau tidak berlebihan. Pantas disebut sebagai aset bangsa. Sebab, ajang reuni ini telah memperlihatkan kualitas mental dan kualitas sosial kaum muslimin.

Sekarang, kualitas itu bakal menjadi teladan global. Bakal menjadi ikon internasional. Tak jauh-jauh, kemarin kita lihat umat Islam di Malaysia meng-copypaste Reuni 212 ke dalam masyarakat mereka. Umat di sana menggelar gerakan yang mirip dengan 212.

Mereka namakan “Daulat 812”, yang dilangsungkan pada 8 Desember 2018. Inilah ‘penularan’ pertama Reuni 212. Kaum muslimin Malaysia terinpirasi. Motivasinya mirip dengan ruh gerakan 212. Yaitu, upaya untuk menyadarkan umat tentang ketidakadilan. Tentang ‘injustice’.