free hit counters
 

Awas Skimming! Hindari Gesek Kartu Debit dan Kredit di 6 Lokasi Ini

Redaksi – Senin, 18 Zulqa'dah 1440 H / 22 Juli 2019 18:26 WIB

Eramuslim.com – Memiliki kartu debit maupun kartu kredit pasti memberi banyak kemudahan. Selain praktis sebagai alat transaksi pembayaran, punya ‘kartu sakti’ tersebut, Anda gak perlu repot bawa uang tunai dalam jumlah banyak untuk belanja.

Namun di balik kemudahan tersebut, penggunaan kartu debit dan kartu kredit serampangan atau di sembarang tempat dapat meningkatkan risiko tindak kejahatan. Salah satunya adalah praktik skimming. Yakni sebuah kejahatan perbankan dengan cara mencuri data kartu debit atau kartu kredit untuk menarik dana di rekening.

Cara kerjanya membobol informasi pengguna memakai alat yang dipasang pada mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau di mesin gesek EDC. Dengan teknik tersebut, si pelaku bisa menggandakan data yang terdapat dalam pita magnetik di kartu kredit maupun debit, kemudian memindahkan informasi ke kartu ATM kosong. Akhirnya, si pelaku bisa dengan mudah menguras saldo rekening nasabah.

Meski rentan terjadi di ATM, praktik kejahatan duplikasi kartu ini juga bisa terjadi di tempat lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda waspada dan menghindari penggunaan kartu debit atau kartu kredit di 6 tempat berikut ini karena rawan skimming.

1. Transaksi di SPBU

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atau pom bensin merupakan tempat yang paling sering diincar pelaku skimming. Biasanya oknum akan memasang sebuah alat khusus pembaca kartu pada EDC, sehingga dapat leluasa mencuri data pengguna.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Berita Nasional Terbaru