Bahayakan Kedaulatan NKRI, Amien Minta Reklamasi Segera di Stop

Eramuslim.com -Tokoh Muhammadiyah/Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais mengatakan bahwa pulau reklamasi telah menimbulkan dampak buruk dari sisi sosial dan kemanusiaan. Karenanya, dia mendesak kegiatan reklamasi dihentikan.

“Itu semua mengarah pada negatif sehingga perlu dihentikan secepat mungkin,” kata Amien Rais di Jakarta.

Amien menilai reklamasi terkait dekat dengan China, yang di bawah kepemimpinan Xi Jinping ini memang melakukan ekspansi. Dengan melewati jalan darat di Asia Tengah mereka akan membuat jalur perdagangan sampai ke Roterdam.

Sementara, di jalur laut ekspansi melalui Asia Timur, Laut Cina Selatan, Selat Malaka, Selat Sunda, dan Samudra Hindia. Kemudian berlanjut ke Angola, Laut Merah yang ujungnya akan sampai ke Roterdam.

“Jadi jelas sekali 17 pulau palsu ini bukan untuk kita. Untuk teman-teman kita dari Cina bisa jadi untuk pangkalan militer, ekonomi. Untuk meladeni kepentingan Jalur Sutra itu,” ujarnya kepada Kiblat.net Kamis (02/11/2017).

Amien menambahkan bahwa ada upaya mengawinkan tol laut yang sempat menjadi andalan presiden Joko Widodo dengan Jalur Sutra china. Artinya kalau memang demikian. Tandanya Indonesia memberi keuntungan ekonomi ke Cina.

“Kalo Amerika bisa mencaplok Irak dibiarkan, Cina mencaplok Indonesia bukanlah suatu kemustahilan,” ujarnya.

Reklamasi di Teluk Jakarta saat ini terus menuai penolakan dari masyarakat. Sejumlah kajian yang dilakukan menunjukkan proyek tersebut mengganggu keseimbangan lingkungan. Sementara, proses pelaksanaanya selama ini berlangsung tertutup, sampai-sampai wartawan tak mendapatkan akses ke pulau-pulau buatan.(kl/kfr)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-pre-order-eramuslim-digest-edisi-12-bahaya-imperialisme-kuning.htm