Banyak Warga Jadi Korban Penipuan Program Sejuta Rumah Jokowi

Eramuslim.com – Guna memenuhi kebutuhan rumah di Indonesia, pemerintahan Jokowi menginisiasi Program Sejuta Rumah. Namun program tersebut rawan diselewengkan oleh segelintir oknum pengembang.

Tingginya permintaan rumah murah justru menjadi ladang tindak penipuan dan penggelapan. Seperti proyek perumahan Bumi Berlian Asri dan Bumi Berlian Serpong di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

“Saya sudah bayar DP, lalu dijanjikan mau akad, tapi sekarang belum ada dari 2016. Booking fee sudah saya bayar Rp 2,5 juta, sedangkan uang muka saya cicil Rp 9 juta, Rp 10 juta dan Rp 3 juta,” ungkap Maryana, salah satu korban penipuan rumah, dalam program Target Operasi Metro TV edisi Jerat Tipu Pengembang Nakal.

Para korbannya terbuai iming-iming rumah murah dengan uang muka ringan yang bisa dicicil. Selain itu, untuk menyakinkan calon pembelinya, marketing perumahan mengajak langsung ke lokasi.

“Saya dikasih brosur rumah bersubsidi, kemudian saya cek lokasi dan bertemu dengan marketing. Saya cek lokasi dan memang sudah ada beberapa rumah yang dibangun,” kata Agustina Damayanti (28), yang sudah menyetor Rp 12 juta. Tak hanya calon pembeli, penghuni perumahan yang sudah menempati rumah mengaku terkena imbas kasus ini. Bahkan beberapa orang pernah mendatangi rumahnya dan mengaku sebagai pemilik rumah tersebut.