Belum Ada Persiapan tapi Terlanjur Resesi, Apa yang Harus Dilakukan?

Eramuslim.com -Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan ekonomi Indonesia akan mengalami kontraksi di kuartal III-2020. Artinya, Indonesia dipastikan mengalami resesi, karena di kuartal sebelumnya, yakni kuartal II-2020 sudah kontraksi hingga -5,32%.

Pengamat dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan, persiapan menghadapi resesi yang sudah terlanjur terjadi adalah kedisiplinan dalam penanganan pandemi virus Corona (COVID-19). Pasalnya, wabah inilah yang mengganggu aktivitas perekonomian di Indonesia, maupun dunia. Dengan upaya ini, setidaknya bisa mencegah penyebaran virus berkepanjangan, dan juga dampaknya ke ekonomi lebih lama.

“Kalau dilihat memang sekarang agak telat karena kasusnya naik. Tapi setidaknya kita mengejar kasus COVID-19 tidak bergulir sampai awal tahun depan. Makanya kuncinya itu ada di kesehatan,” ungkap Yusuf kepada detikcom, Rabu (23/9/2020).

Setelah persoalan krisis kesehatan bisa dilalui, maka yang bisa dilakukan masyarakat ialah berbelanja untuk mendongkrak pertumbuhan konsumsi. Terutama bagi masyarakat kelas menengah atas yang kontribusinya sangat besar terhadap pertumbuhan konsumsi.

“Apalagi kelas menengah atas yang tentu dia mempunyai pilihan untuk tidak melakukan aktivitas ekonomi di luar. Padahal kontribusi kelas menengah atas terhadap ekonomi ini cukup besar. Jadi ketika mereka menahan konsumsi karena was-was, ya ini yang akhirnya tergambar dari ekonomi secara keseluruhan, khususnya untuk konsumsi rumah tangga,” jelas Yusuf.