free hit counters
 

Berani Terapkan Lockdown, Walikota Tegal Jadi Sorotan Media Asing

Redaksi – Sabtu, 2 Sya'ban 1441 H / 28 Maret 2020 18:00 WIB

Eramuslim.com – Keputusan Pemerintah Kota Tegal untuk menerapkan lockdown atau mengunci wilayah selama empat bulan guna memerangi pandemi virus corona Covid-19 menuai perhatian khalayak.

Pasalnya Tegal menjadi kota pertama di Indonesia yang berani mengambil langkah tersebut, di kala daerah lainnya termasuk pemerintah pusat masih memikirkan banyak pertimbangan.

Kebijakan tersebut nyatanya tak hanya ramai diberitakan di media nasional namun juga disinggung oleh beberapa situs asing.

Sejumlah media luar negeri menyoroti pernyataan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengenai alasannya mengeluarkan kebijakan lockdown.

Seperti dikutip dari Semarangpos.com –jaringan Suara.com, Dedy mengaku sebenarnya sempat dilema dengan kebijakan yang diambilnya untuk mengarantina wilayah. Namun, ia kemudian mengambil keputusan tersebut.



“Ini adalah pilihan pahit dan saya juah dilema. Jika disuruh memilih, lebih baik saya dibenci, daripada maut menjemput mereka ” ungkapnya saat jumpa pers, Rabu (25/3/200).

Wali Kota Tegal terapkan lockdown jadi sorotan media asing. (ist)

Pernyataan Dedy yang dinilai mementingkan keselamatan warganya itu muncul di situs Malaysia, Astrowani.com dalam artikel berjudul , “Sanggup dibenci, Datuk Bandar Tegal laksana ‘lockdown’ pertama di Indonesia” yang dimuat pada Jumat (27/3).

Selain itu, klaim Dedy juga tampak dalam artikel berjudul “Indonesia, in major shift, to allow lockdowns as coronavirus cases soar” yang dimuat oleh situs Reuters dan New York Times pada hari yang sama.

Kedua situs tersebut memberitakan kebijakan pemerintah yang disampaikan oleh Menko Polhukam Mahfud MD mengenai rencana untuk membuat aturan tentang karantina wilayah, sebagai strategi baru dalam menanggulangi penyebaran Covid-19.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru