Beredar Nama Calon Menteri Baru, PKS: Lebih Efektif Ganti Pelatih

Eramuslim.com – Seiring dengan adanya ancaman reshuffle oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), kekinian beredar bocoran nama-nama yang bakal menempati pos-pos kementerian apabila perombakan kabinet dilakukan.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyerahkannya kepada masyarakat. Mardan mengatakan masyarakat dapat menilai dan mengkritisi sendiri soal nama-nama baru yang diisukan bakal menjadi menteri. Ia sekaligus menegaskan sikap PKS bahwa mereka tetap konsisten menjadi opisisi.

“Monggo saja, reshuffle haknya Pak Jokowi. Dan monggo saja masyarakat mengkritisi dan memberi komen pada nama-nama yang beredar. PKS insyaallah istiqomah sikap #KamiOposisi. Kita akan kawal kebijakan dan aksi pemerintah agar pembangunan optimal dan masyarakat sejahtera,” tutur Mardani dihubungi, Kamis (2/7/2020).

Kendati tidak mempermasalahkan ada tidaknya reshuffle, namun ia menganalogikan di mana mengganti pemain di suatu tim akan menjadi kurang efektif dibanding dengan mengganti pelatihnya langsung.

“Walau kalau Manchester United kalah terus bukan Paul Pogba nya yang diganti, biasanya lebih efektif pelatihnya diganti atau mengubah diri,” ujar Mardani.

Sebelumnya, beredar bocoran nama-nama tokoh yang dikabarkan masuk dalam kabinet pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin.

Dari pesan yang viral di aplikasi perpesanan WhatsApp, nama-nama tersebut di antaranya adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang diisukan menjadi Menteri BUMN menggantikan Erick Thohir yang dikabarkan digeser menjadi Menteri Perdagangan. (*)