free hit counters
 

BIN Ungkap Orang Dalam Jadi Agen Asing: Dancing With Wolf

Redaksi – Kamis, 6 Zulqa'dah 1442 H / 17 Juni 2021 10:15 WIB

Eramuslim.com – Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto menyebut berbagai ancaman terhadap keamanan negara tak hanya datang dari pihak luar. Ancaman juga muncul dari orang dalam sendiri yang digunakan sebagai alat oleh pihak asing.

“Bukan hanya dari dalam dan dari luar tapi juga dari luar yang menggunakan orang dalam,” kata Wawan saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi virtual yang digelar Persatuan Alumni GMNI bertajuk Pertahanan Negara dan Keamanan Nasional : Strategi, Kebijakan dan Pembangunan Sesuai Karakter Bangsa, Selasa (15/6) kemarin.

Wawan tak merinci siapa orang luar yang memanfaatkan orang dalam tersebut. Ia cuma menjelaskan bahwa persoalan keamanan dalam negeri semakin banyak dan kompleks. Upaya peretasan dan gangguan yang menggunakan sistem dari dalam saat ini semakin banyak terjadi.

“Maka ada istilahnya sleeping with enemy dancing with wolf,” kata dia.

Ia menambahkan penjelasannya soal empat dimensi keamanan nasional, yakni dimensi keamanan manusia, keamanan dan ketertiban masyarakat, dimensi keamanan dalam negeri dan dimensi pertahanan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru