Mungkinkah Orang Ini Ikuti Jejak Thaksin Selamatkan Aset ?

Sudah jadi “rahasia umum” bahwa kasus Sumber Waras diduga bermula dari keinginan Ahok untuk mewujudkan harapan sang istri mendirikan pusat perawatan terpadu bagi pasien kanker pasca pengobatan kemoterapi.

Ada juga yang menyamakan skenario Ahok-Veronica ini dengan perceraian mantan Perdana Menteri (PM) Thailand, Thaksin Shinawatra, dengan istrinya, Pojaman Shinawatra, pada 2008 silam.

Thaksin, yang dilengserkan dari kursi kekuasaan, divonis inabsentia dua tahun penjara oleh pengadilan Thailand pada Oktober 2008 dengan tuduhan menyalahgunakan kekuasaan saat menjadi perdana menteri.

Usai perceraian itu terberitakan, muncul analisa bahwa perceraian Thaksin bermotif melindungi aset-aset yang sebagian besar atas nama Pojaman. Karena, usai perceraian itu sah, Thaksin tetap terlihat satu rumah dengan “mantan” istrinya dan berjalan-jalan berdua ke luar negeri.

Jadi, adalah masuk akal untuk menyebut skenario ini demi penyelamatan harta jika Ahok maupun Veronica terkena pengusutan kasus korupsi. Intinya, putus hubungan dan mengatakan “i know nothing”.

Namun, walau menarik dan masuk akal, tetap saja ini masih dugaan yang bakal memancing banyak perdebatan.(kl/rmol)