Bisa Jadi JK Tunjuk Anies Lawan Jokowi di Pilpres 2019

Eramuslim.com – Kondisi perpolitikan nasional khususnya jelang Pilpres 2019 berubah semenjak Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka komunikasi politik ke berbagai tokoh penting. Dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Polisi Jenderal Budi Gunawan.

Skenario Pilpres tahun depan bisa jadi ada di tangan JK. Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu memiliki peran sentral menentukan siapa lawan tanding petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau yang nantinya dipasangkan dengan Jokowi.

Ditambah, dua kali menjadi Wapres membuat JK matang dalam berpolitik dan memiliki pengaruh serta jaringan kuat. Belakangan, JK mengaku bakal mendukung Jokowi di Pilpres mendatang.

Menurut pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) Hendri Satrio, sikap JK tersebut belum tentu final.

“Kemana JK, karena sebagai wakil Jokowi, (JK) harus berkata seperti itu. Nah, apakah nanti akan mendukug Jokowi, belum tentu juga, tergantung dari posisi dia,” ujar Hendri usai diksusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2).

Seandainya JK betul mendukung Jokowi, menurut Hendri, JK tentunya bakal merekomendasikan cawapres yang memiliki kedekatan dengan umat Islam.

“Nah, sekarang stoknya kan ada. Saya kecil kemungkinan JK akan mendorong Cak Imin (ketum PKB) karena berbeda partai, JK akan mendorong Romi (Ketum PPP) juga kecil kemungkinan,” ujarnya.