BNPB: Akhir Februari Jakarta Akan Diterjang Banjir

Eramuslim.com – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat DKI Jakarta mewaspadai potensi terjadinya banjir pada pekan ke tiga dan ke empat Februari 2016.

“Sesuai prakiraan hujan, potensi tinggi terjadi banjir di DKI Jakarta pada minggu ke tiga hingga ke empat Februari 2016. Masyarakat diimbau untuk selalu waspada,” ujar Sutopo melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu malam.

Sutopo mengatakan, berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pertumbuhan awan hujan di Indonesia diperkirakan akan meningkat beberapa pekan ke depan, seiring dengan indek fenomena seruak dingin (“cold surge index”/fenomena angin kencang) dan fenomena fase basah Madden Julian Oscilatiion (MJO/anomali curah hujan).

jakarta banjirKedua fenomena itu, berkolaborasi dan diperkirakan kembali menimbulkan potensi kejadian cuaca ekstrem di beberapa daerah di Indonesia.

“Keadaan tersebut diiringi dengan fenomena cuaca regional yang menandakan adanya daerah belokan dan pertemuan angin yang sering menjadi pemicu potensi terjadinya hujan lebat,” jelas Sutopo.

Sutopo mengatakan BNPB bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, telah mengambil langkah-langkah antisipasi kemungkinan terjadinya banjir di ibu kota. Di sisi lain, kata dia, BMKG terus memonitor kondisi atmosfer dan menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

“BNPB telah menyiapkan tim reaksi cepat beserta peralatan dan logistik yang sewaktu-waktu dapat dimobilisasi kapan pun,” jelas dia.

Sementara itu, Sutopo menjelaskan bahwa hujan lebat yang terjadi pada Minggu siang hari ini, tidak menyebabkan banjir di wilayah Jakarta. Menurut Sutopo yang terjadi adalah genangan-genangan yang timbul lantaran drainase perkotaan tidak mampu menampung air hujan sehingga menggenangi jalan.

“Kapasitas drainase lebih kecil daripada aliran permukaan dari hujan. Hujan Minggu siang hingga sore hari hanya menimbulkan genangan, wilayah Jakarta masih aman dari banjir,” kata dia.

Dia mengatakan hujan lebat masih akan terjadi tiga hari yakni mulai hari ini, Senin (15/2) sore dan akan semakin lebat pada Selasa (16/2) dini hari hingga pagi dan pada hari berikutnya, Rabu 17 Februari 2016.(ts/aktual)