Bongkar Sosok Mbak Baju Hitam di Video Jokowi ke Apotek, Roy Suryo: Tim Istana Gak Teliti

Eramuslim.com – Pakar Telematika Roy Suryo mengkritik video Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat blusukan ke Apotek di Bogor pada Jumat (23/7/2021) lalu.

Dalam video tersebut, tampak seorang wanita berbaju hitam yang memvideokan saat kedatangan Jokowi di dalam apotek.

Bongkar Sosok Mbak Baju Hitam di Video Jokowi ke Apotek, Roy Suryo: Tim Istana Gak Teliti

Roy menilai bahwa tim dokumentasi Istana Kepresidenan kurang teliti dalam mengabadikan video Jokowi. Pasalnya dalam video tersebut terlihat ada orang lain yang juga mengabadikan kedatangan Jokowi di dalam apotek.

“Saya lebih mencermati “kurang rapi”-nya Tim Dokumentasi Istana dalam mengabadikan adegan-adegan tersebut, karena ada tampak “bocor” kamera di mana-di mana,” ujar Roy saat dikonfirmasi Suara.com, Senin (26/7/2021).

“Perkara siapa-siapa saja “kamera person” tersebut, silakan saja, karena sekarang siapapun juga bisa mengabadikan pakai HP,” sambungnya.

Roy Suryo usai diperiksa polisi [Suara.com/Herwanto]
Roy Suryo. [Suara.com/Herwanto]

Mantan Menpora enggan mengomentari apakah sidak Jokowi murni mendadak atau sudah direncanakan sebelumnya.

“Soal “sidak” atau tidak, bukan ranah saya untuk komentari hal tersebut, karena hal tersebut sudah jadi protokolernya Istana juga,” tutur dia.

Namun kata Roy, yang ia ketahui, setiap kunjungan Presiden apapun dan dimanpun harus sudah ada tim advance (Tim pendahulu). Mengingat Presiden adalah simbol negara yang harus dilindungi.

“Namun sepanjang aturan security VVIP yang saya tahu, Apapun dan di manapun kunjungan presiden harus sudah ada “Tim Advance” sebelumnya. Ingat, ini RI-1 yang harus dilindungi bersama lho, tidak boleh sembarangan,” katanya.