BPN Curiga Pembubaran Koalisi Cuma untuk Kepentingan Demokrat

Eramuslim – Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sodik Mudjahid mengaku curiga permintaan pembubaran koalisi oleh Partai Demokrat baik dari kubu Koalisi Indonesia Kerja (KIK) maupun Koalisi Adil Makmur hanya untuk kepentingan Partai Demokrat semata.

Menurut Sodik, bisa saja partai yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu hanya ingin leluasa menebarkan kepentingannya untuk keluar masuk ke dalam dua kubu itu, tanpa menerima kritik dari kedua belah pihak.

“Bisa saja, dengan tidak adanya lagi koalisi maka Partai Demokrat bisa dengan leluasa tanpa ada yang kritik dan yang mempermasalahkan jika keluar masuk ke eks-eks koalisi 02 dan 01,” kata Sodik saat dihubungi melalui pesan singkat, Senin (10/6).

Politikus Partai Gerindra ini pun mengaku khawatir dengan desakan yang diluncurkan oleh para elite Partai Demokrat terkait pembubaran koalisi ini. Koalisi sendiri menurut pemahaman Sodik adalah bagian dari kehidupan bangsa yang berdemokrasi dan berkonstitusi.

Keberadaan koalisi menurut dia tidak selalu merupakan cerminan adanya permusuhan atau perpecahan dalam kehidupan berbangsa. Jadi, kata dia, tak ada alasan pasti kenapa koalisi yang terbentuk saat pilpres ini harus dibubarkan.

“Lagi pula ketidak beradaan koalisi, bukan otomatis mencerminkan adanya persatuan. Jadi tidak apa-apa masih ada koalisi, asal dengan semangat dan komitmen bersama untuk NKRI,” kata dia.

Dia berpendapat koalisi-koalisi yang terbentuk dalam pilpres ini tak perlu dibubarkan dengan formal atau bahkan paksaan. Sodik melihati koalisi ini bubar dengan sendirinya mengikuti dinamika dan perkembangan perpolitikan Indonesia.