Bukan Cuma “Provinsi Padang”, Jokowi Sudah Sering Salah Soal Letak Wilayah Indonesia

Eramuslim.com – Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kota Pekanbaru, Riau pada Rabu (19/5) menyisakan satu persoalan yang kemudian disoroti oleh masyarakat.

Presiden Jokowi, kala itu datang untuk meninjau lokasi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Padang. Namun demikian, bukan pembangunan tol yang menjadi fokus sorotan. Melainkan pidato sambutan Jokowi.

Dalam pidatonya, Jokowi keseleo lidah. Dia menyebut Kota Padang yang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Barat sebagai sebuah provinsi.

Atas peristiwa ini, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono memberi klarifikasi. Dia mengakui bahwa sang presiden memang salah ucap. Heru juga menegaskan tidak ada maksud tertentu di balik kesalahan tersebut dan memastikan bahwa yang dimaksud oleh presiden sebenernya adalah Provinsi Sumatera Barat.

Sepintas masalah memang tampak selesai. Tapi setelah digali lebih dalam, ternyata banyak ditemukan jejak digital Presiden Jokowi yang salah ucap saat menyebut letak wilayah di tanah air.

Salah satunya saat Jokowi menanggapi kasus meninggalnya mahasiswa Universitas Halu Uleo, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Jokowi menyebut Kendari berada di Sulawesi Tengah.