Bukan Dipaksa, Ini Cerita Sejumlah Siswi Nonmuslim di SMKN 2 Padang yang Pilih Berjilbab

Eramuslim.com – Aturan soal siswi nonmuslim diminta berjilbab di SMK Negeri 2 Padang menjadi sorotan. Sejumlah siswi nonmuslim pun menceritakan mereka memilih menggunakan jilbab meski sebenarnya tak pernah ada paksaan agar mereka berkerudung ke sekolah.

Salah satu siswi, Elisabeth Angelia Zega, bercerita bahwa dia telah memakai kerudung untuk pergi ke sekolah sejak duduk di bangku SMP. Dia mengaku pihak sekolah tak pernah memaksanya yang nonmuslim untuk berjilbab.

“Tidak ada unsur paksaan. Dan saya juga sudah dari SMP memakai jilbab ini,” kata Elisabeth Angelia Zega di SMKN 2 Padang, Senin (25/1/2021).

Dia mengaku tak keberatan dan merasa tidak dirugikan dengan mengenakan pakaian yang membuat dirinya seperti siswi beragama Islam. Menurutnya, masalah keimanannya tak terganggu gara-gara menggunakan pakaian seperti siswi beragama Islam.

“Walau di sekolah pakaian saya seperti ini (pakai jilbab) iman saya tetap percaya Tuhan Yesus. Tak ada tekanan batin kalau pakaian pakai jilbab,” kata Angel.

Siswi lainnya, Yulita Harefa, juga menyebut tak masalah menggunakan jilbab meski bukan pemeluk agama Islam. Dia mengaku sudah sejak SMP menggunakan jilbab saat sekolah.

“Sudah sejak SMP saya memakai jilbab ke sekolah, saya tidak pernah minder,” ujar Yulita.