free hit counters
 

Riset ITB: Bukan Jakarta, Tapi Wilayah Jawa Tengah Yang akan Tenggelam

Redaksi – Minggu, 1 Agustus 2021 08:00 WIB

Eramuslim.com – Hasil riset lembaga kebencanaan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung IA-ITB menemukan fakta bahwa wilayah di Jawa Tengah yang berpotensi tenggelam, bukan DKI Jakarta.

Studi tersebut menemukan bahwa terdapat pelambatan laju penurunan tanah di Jakarta dampak dari adanya pembangunan tanggul raksasa yang mengelilingi Pantai Utara Jakarta atau Pantura.

“Justru lebih concern dengan potensi tenggelamnya wilayah Kota Pekalongan, Semarang dan wilayah Pesisir Demak,” kata Ketua Laboratorium Geodesi ITB Heri Andreas dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/7).



Andreas mengatakan, yang terjadi saat ini justru laju penurunan tanah di wilayah tersebut lebih cepat dan besar dibandingkan Jakarta. Dalam 10 tahun ke depan jika tidak ada upaya manajemen risiko yang baik, maka prediksi tenggelamnya wilayah-wilayah ini akan lebih pasti dibandingkan Jakarta.

Saat ini, sambung Andreas, terdapat 112 Kabupaten/Kota yang memiliki resiko untuk tenggelam. Kemungkinan ini dipastikan dari data-data pengukuran.

“Mudah-mudahan Pemerintah mulai concern akan hal ini. Lembaga Riset Kebencanaan IA-ITB juga memprioritaskan risetnya untuk wilayah-wilayah yang berpotensi tenggelam tersebut. Belumlah terlambat untuk mencegah tenggelamnya wilayah-wilayah ini termasuk Jakarta,” demikian Andreas.

Ketua Umum IA-ITB Gembong Primadjaja menambahkan, para alumni ITB siap untuk berkontribusi membantu permasalahan yang berkaitan dengan issue manajemen kebencanaan di Indonesia melalui Badan Riset Kebencanaan IA-ITB ini.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru