‘Buku Biru’, Senjata Prabowo-Sandi

Eramuslim – Timses Prabowo-Sandiaga punya buku yang disebut sebagai ‘buku biru’. Salah satu isi dari buku biru itu adalah jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan sensitif terkait pasangan nomor urut 02 itu.

‘Buku biru’ bisa jadi bukan nama resmi untuk panduan kampanye ini. Di cover depannya, hanya ada tulisan ‘Adil Makmur Bersama Prabowo Sandi’ di atas latar warna biru. Buku biru ini sendiri dikirimkan oleh salah seorang anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ke grup aplikasi pesan WhatsApp yang beranggotakan para wartawan.

Ada 8 bagian di buku ini yaitu visi dan misi, struktur BPN, riwayat hidup Prabowo, riwayat hidup Sandiaga, alasan pilih Prabowo-Sandi, frequently asked question (FAQ) Prabowo, FAQ Sandiaga, dan testimoni. Foto-foto Prabowo dan Sandiaga saat kampanye diselipkan di antara halaman.

Visi-misi dan struktur BPN yang ditampilkan sama dengan yang telah didaftarkan ke KPU. Yang berbeda adalah di riwayat hidup Prabowo-Sandiaga. Riwayat hidup tidak hanya menampilkan biodata melainkan juga silsilah keluarga.

Buku biru menampilkan garis keturunan keluarga Prabowo dan Sandiaga. Garis keturunan Prabowo ditarik hingga ke Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Mataram Islam. Sementara itu, garis keturunan Sandiaga ditarik hingga ke Sultan Botuhihe.

Pada bagian FAQ Prabowo, total ada 36 pertanyaan yang sering ditanyakan terkait Prabowo. Jawaban disiapkan untuk menangkis pertanyaan-pertanyaan sensitif itu, mulai dari tudingan penculik, kaitan dengan PT Kiani Kertas Nusantara, hubungan dengan Titiek Soeharto, hingga apakah Prabowo punya ‘anu’.