C1 Situng di Jaktim dan Aceh Berubah, Rugikan 02, Tanda Tangan KPPS Dipalsukan

Eramuslim.com – Proses input C1 yang dilakukan oleh KawalPemilu –inisiatif urun daya netizen pro data Indonesia–, menemukan adanya masalah dalam C1 yang diupload dalam Sistem Informasi Penghitungan (Situng) KPU.

Temuannya bukan salah input angka C1 yang discan ke dalam Situng, namun kesalahan terjadi pada tahap sebelumnya yaitu perubahan angka di lembar C1 yang akan discan, berbeda dari C1 Plano atau hasil penghitungan yang disepakati di TPS.

Setelah sebelumnya temuan didapati di Bengkulu Tengah, kali ini ada di Sampang, Jakarta Timur dan Aceh. “Yang kami temukan adalah angka di C1 plano dan C1 scan berbeda. Dari tiga contoh yang diberikan ada di Aceh, Sampang, dan DKI, ketiganya menguntungkan kandidat 01,” ucap salah satu penggagas KawalPemilu, Ainun Najib, Selasa (23/4).

Temuan di Jakarta Timur

 

Temuan di TPS 15 Kramat Jati, Jakarta Timur.  Warna kuning adalah flag yang dikeluarkan oleh KawalPemilu bila terjadi perbedaan. Foto: Dok. KawalPemilu

Di Jakarta Timur, temuan data C1 yang discan untuk Situng KPU berbeda dengan C1 Plano di TPS ada di TPS 15, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Dalam data C1 di Situng KPU Jokowi-Ma’ruf Amin mendapat 227 suara, Prabowo-Sandi 11 suara.