Catatan Hati Dokter Bedah Kristiani Tentang Aksi Damai 212

Eramuslim.com – Tak bisa dipungkiri bahwa Aksi Super Damai 212 yang berlangsung di sejumlah titik di Ibu Kota memang banyak mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari kalangan muslim tapi juga dari pemeluk agama lain.

Adalah dr. Hengki Stepanus Ranjabar SpB. Seorang dokter spesialis bedah yang juga seorang kristiani. Berikut bentuk curahan hati apresiasi dari dr. Hengki yang cukup mengademkan.

***

dr-hengki-stepanus-ranjabar-spbSebagai anak yang dibesarkan di lingkungan kristiani, saya cukup terpukau, haru bercampur bangga ketika aku menuliskan semua ini, karena melihat aksi 212 yang tidak luput juga dari pengamatanku setiap hari. Bagaimana mereka dengan semangat yang tinggi dari antar daerah dengan semua jalan ditempuh dan bergerak dengan hati yang sama. Berkumpul begitu banyaknya di lapangan Monas kemarin.

Woow amazing! Pemerintah justru harusnya memberikan tempat buat mereka ini untuk menyalurkan niat baiknya, bukan dengan cara berupaya dan malah curiga bahwa aksi ini akan menimbulkan gejolak.

Lihatlah mereka, mau berdesak-desakan kek, panas kek, hujan kek, mereka tetap dengan semangat yang sama ada di situ. Nangkep nggak apa yang mereka perjuangkan? Nangkep nggak kenapa semua ini harus terjadi? Ketika apa yang menjadi keyakinan itu dilanggar orang. Itu hal prinsip, wajib memang untuk dibela. Nggak perlu suruh ulama atau pun habib. Tapi nurani yang bicara, hati yang merasa sehingga kaki yang melangkah oleh karena hati yang bersih diniatkan untuk membela apa yang menjadi prinsip tadi.

Terbukti mereka nggak saling mengenal atau dari kelompok tertentu. Semua membaur mejadi satu untuk membela Tuhannya. Walaupun yakin kalau Tuhan ngak perlu dibela, tapi kita yang wajib tahu diri sebagai orang beriman buat membela Tuhanlah, bukan membela manusia.

Beda lah, kalau ada satu orang terbukti bersalah memang menistakan dan cuma satu dua orang mengatakan dia salah, yang mungkin dua orang ini bisa saja salah. Tapi bila beribu-ribu orang menyatakan bahwa itu memang hal yang salah dan dianggap menisyyakan masa pembenaran ada pada satu orang sih. Ya hukumlah sesuai apa yang menjadi kesalahan dia tanpa dilihat dia siapa.

Hukum yang harus adil. Pemerintah harus tanggap dan adil. Peristiwa 212 sekaligus membuktikan bahwa selain nasional, internasional sekalipun dbisa menilai bahwa aksi ini memang super damai dan bisa menjadi contoh dan teladan semua pergerakan yang ada. Tertib semua bekerja dengan hati. Tidak ada keributan. Beribadah bersama, ada yang menyediakan makanan, ada yang mungutin sampah. Luar biasa, ketulusan yang tidak dibuat-buat.

Inilah Bhinneka yang sesungguhnya. Nggak perlu gaduh di media sosial. Plintar plintir berita kesana kemari, curiga berlebihan, saling menghujat atau malah menghakimi suatu peristiwa yang belum terjadi. Juga nggak perlulah ada aksi tandingan yang dibuat-buat. Nyatanya lautan manusia yang susah memang dijaga satu-satu, ternyata bisa tertib menyalurkan aspirasinya tanpa keributan yang berarti.

Salut, salut banget. Nggak habis dua jempul saya mengapresiasi aksi ini.

Terima kasih bisa membuka mata saya, mengenai keteladanan, kebersamaan, ketertiban, keyakinan serta ketulusan yang sudah dilakukan.

Teruslah berjuang, saudaraku. Yakinilah apa yang menjadi kebenaran itu. Inilah contoh nyata yang dapat membuka mata hati saya. Kita maupun dunia. Doaku selalu untuk perjuangan kalian. Love you all. Dariku untuk catatan hati.

– dr. Hengki Stepanus Ranjabar SpB.

(yk/bersamadakwah)