China Dua Kali Lobi Sunario Bikin Kantor Pulisi Bersama

Eramuslim.com – Viral plakat Kantor Polisi Bersama Indonesia-Tiongkok di Kalimantan Barat (Kalbar) terus menyedot perhatian, dan sebagian keresahan masyarakat. Rupanya, Biro Keamanan Publik Resor Suzhou Tiongkok sudah dua kali mendatangi Polres Ketapang untuk melobi kerja sama keamanan. Namun selalu ditolak Kapolres Ketapang AKBP Sunario.

“Sudah dua kali pihak Kepolisian Tiongkok berkunjung ke Ketapang. Kemarin (Kamis 12 Juli) ada kunjungan dari Wali Kota yang merangkap Kepolisian Suzhou. Kedatangan mereka mau mengajak kerja sama, (antara) polisi Tiongkok dan Indonesia. Tapi tidak bisa ke kami, harus ke Mabes Polri,” terang Sunario dikutip dari Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group), Sabtu (14/7).

Sunario menegaskan, hingga saat ini belum ada perjanjian atau nota kesepahaman (MoU) apapun terkait kerja sama yang diajukan pihak Tiongkok. “Karena urusan kerja sama harus ke Mabes Polri. Jadi, kami sarankan demikian. Dan, mereka katanya mau buat surat ke Mabes Polri,” akunya.

Rombongan dari Tiongkok yang hadir dalam acara Kamis (12/7) di antaranya Jiang Hai selaku Direktur Jendral Biro Keamanan Publik Suzhou, Wang Sheng Yu selaku Wakil Direktur Kantor Biro Kerjasama Internasional Biro Keamanan Publik Suzhou.

Selain itu, hadir pula Zhang Jian sebagai Wakil Direktur Pusat Penerjemah Kantor Urusan Luar Negeri Suzhou, Zhu Qiang sebagai Wakil Kepala Detasemen Polantas Biro Keamanan Publik Suzhou, Shi Xu sebagai Wakil Direktur Dinas Perencanaan Suzhou, Yan Hong Tai sebagai Wakil Direktur Dinas Administrasi Kota Shuzhou, Chen Bin sebagai Direktur Biro Kerjasama Internasional Biro Keamanan Publik Suzhou.

Setelah kunjungan ini, warganet dihebohkan dengan beredarnya foto-foto plang nama Kantor Polisi Bersama. Dalam plang itu terdapat gambar bendera Repulik Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok. Plang itu terpasang di kawasan industri PT Ketapang Ecology and Agriculture Foresty Industrial Park di Ketapang.

Dalam plang itu juga tertulis Kepolisian Negara Republik Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Kabupaten Ketapang. Di bawahnya tertulis Biro Keamanan Publik Republik Rakyat Tiongkok Provinsi Jiangsu Resor Suzhou. Disusul tulisan Ketapang Ecology and Agriculture Foresty Industrial Park. Semua tulisan menggunakan dua bahasa.