China Mengambil Alih Bandara Uganda beserta Aset Negara Lainnya Gegara Negara Itu Gagal Bayar Utang

eramuslim.com – Pemberi pinjaman China, Bank Ekspor-Impor China, juga dikenal sebagai Bank Exim, telah mengambil alih Bandara Internasional Entebbe Uganda dan aset lainnya di negara itu karena kegagalan pemerintah Uganda untuk membayar kembali pinjaman.

Ini terjadi meskipun ada laporan bahwa Presiden Yoweri Museveni telah mengirim delegasi ke Beijing untuk negosiasi ulang dengan pemerintah China atas klausul beracun yang mengekspos negara Afrika Timur itu.

Pemerintah Uganda yang dipimpin Museveni pada Selasa, 17 November 2015, menandatangani perjanjian dengan Exim Bank untuk meminjam $207 juta dengan bunga dua persen pada saat pencairan.

Pinjaman tersebut memiliki jangka waktu jatuh tempo 20 tahun termasuk masa tenggang tujuh tahun, tetapi sekarang tampaknya transaksi yang ditandatangani dengan pemberi pinjaman China secara praktis berarti Uganda “menyerahkan” bandara internasionalnya yang paling menonjol dan satu-satunya.

Otoritas Penerbangan Sipil Uganda (UCAA) mengungkapkan beberapa ketentuan dalam Perjanjian Pembiayaan dengan China yang mengekspos Bandara Internasional Entebbe dan aset Uganda lainnya untuk dilampirkan dan diambil alih oleh pemberi pinjaman China setelah negosiasi di Beijing.

Uganda, bagaimanapun, berusaha untuk menegosiasikan kembali kesepakatan itu tetapi kunjungan terakhir dan permohonan untuk mengubah persyaratan asli dengan otoritas China ditolak.