China Nyatakan Natuna Milik Indonesia, Karena Indonesia Sudah Dimiliki …

Jokowi china_FNEramuslim.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan RRC telah mengakui jika Natuna milik Indonesia.

“Beberapa waktu lalu ada berita soal klaim Natuna. Itu sama sekali tidak benar,” kata Retno di Kuala Lumpur, seperti dilansir Antara (20/11).

Kepemilikan Indonesia atas Kepulauan Natuna, lanjut dia, sudah didaftarkan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan tidak pernah ada keberatan dari pihak mana pun, termasuk dari Cina. Sebagai bukti terakhir, Menlu mengutip pernyataan juru bicara Menlu RRC, yang dengan jelas menyebutkan soal kepemilikan Kepulauan Natuna oleh Indonesia.

“Ini adalah wilayah Indonesia. Titik,” tegas dia.

Ditambahkannya bahwa penentuan delimitasi, termasuk zona ekonomi eksklusif (ZEE) dan batas kontinental, ditarik dari garis-garis tersebut, karena yang disengketakan antara beberapa negara adalah masalah fitur berupa pulau, atol, bebatuan, dan sebagainya.

“Dalam hal ini Indonesia tidak punya tumpang tindih klaim dengan negara mana pun,” katanya.

Di Natuna, Indonesia mempunyai tumpang tindih batas kontinental dengan Malaysia, namun masalah tersebut sudah diselesaikan dan dicatatkan ke PBB. Sementara soal tumpang tindih kawasan ZEE dengan Malaysia di barat dan Vietnam di utara, saat ini masih dinegosiasikan.

Indonesia dan Malaysia sudah menunjuk utusan khusus untuk mempercepat proses negosiasi. Sedangkan dengan Vietnam, negosiasi yang sudah lama berhenti telah dihidupkan kembali dan akhir 2015 akan ada pertemuan lagi.

“Indonesia mengajak semua pihak untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memantik ketegangan di kawasan,” kata Menlu.

Di sisi lain, RRC memang pernah mengklaim Natuna. Jika sekarang telah mengakui jika Natuna memang dimiliki Indonesia, jangan-jangan karena Indonesia sekarang ini sudah jatuh ke dalam hegemoni RRC. Ibarat kalimat, “Buat apa jadi presiden kalo owe bisa piara itu presiden…” (ts)