Cina Wajibkan Operator Kumpulkan Wajah Pengguna Ponsel

“Pada langkah selanjutnya, kementerian kami akan meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan… dan akan bersikeras mempromosikan manajemen pendaftaran nama asli untuk pengguna telepon, “katanya.”

Tiongkok bertahun-tahun telah berusaha menegakkan aturan untuk memastikan bahwa setiap orang yang menggunakan internet melakukannya di bawah identitas “nama asli” mereka.

Pada 2017, misalnya, aturan baru mengharuskan platform internet untuk memverifikasi identitas asli pengguna sebelum membiarkannya memposting konten online.

Peraturan baru untuk operator telekomunikasi digagas oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi sebagai cara untuk “memperkuat” sistem ini dan memastikan bahwa pemerintah dapat mengidentifikasi semua pengguna ponsel. Sebagian besar pengguna internet Cina mengakses web melalui ponsel mereka.

Jeffrey Ding, seorang peneliti kecerdasan buatan Cina di Oxford University, mengatakan bahwa salah satu motivasi Cina untuk menyingkirkan nomor telepon dan akun internet anonim adalah untuk meningkatkan keamanan siber dan mengurangi penipuan internet.

Namun, beberapa pengguna media sosial Cina menyuarakan keprihatinan dan dukungan setelah pemberitahuan wajah ketika mereka khawatir tentang data biometrik mereka bocor atau dijual.

“Ini terlalu banyak,” kata seorang pengguna Weibo yang berkomentar di sebuah artikel tentang aturan baru ini.

Tiongkok sering digambarkan sebagai negara pengawas – pada tahun 2017 memiliki 170 juta kamera CCTV di seluruh negeri dengan sekitar 400 juta yang baru akan dipasang pada tahun 2020.

Negara ini juga membuat sistem “kredit sosial” untuk menjaga skor perilaku dan interaksi publik semua warganya dalam satu basis data.

Tujuannya adalah bahwa pada tahun 2020, setiap orang di Cina akan terdaftar dalam basis data nasional yang luas yang mengumpulkan informasi fiskal dan pemerintah untuk memberikan “peringkat” bagi setiap warga negara. (CK)