Contohkan Toleransi Beragama, Pemuda Muslim MUI Siap Amankan Jum’at Agung di NTT

Eramuslim – Para pemuda muslim di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) siap membantu mengamankan prosesi Jumat Agung, yaitu ibadah umat Katolik untuk memperingati wafat Yesus Kristus, yang akan berlangsung pada hari Jumat, 30 Maret besok.

“Setiap tahun umat muslim selalu terlibat, tetapi tahun ini koordinasinya jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Jauh hari sebelumnya Polres sudah minta para pemuda muslim untuk terlibat,” ujar Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Flores Timur, Ahmad Bethan kepada Antara, Senin (26/03), melalui percakapan telepon.

Menurut Ahmad, sejak beberapa hari lalu Polres Flores Timur telah mengundang MUI untuk meminta tambahan jumlah pemuda yang akan terlibat membantu pengamanan selama perayaan Jumat Agung di Larantuka.

“Tahun ini koordinasinya lebih bagus. Dua pekan lalu kami sudah mengirim nama puluhan pemuda untuk bersama aparat kepolisian melakukan pengamanan, tetapi dua hari lalu ada permintaan tambahan,” tambah Ahmad.

Ahmad  menceritakan bahwa selain terlibat dalam membantu pengamanan, semua umat muslim juga diminta untuk memberikan informasi tentang prosesi Jumat Agung ini kepada para peziarah.

“Jadi melalui mesjid-mesjid, umat diberikan pemahaman tentang prosesi Jumat Agung di Larantuka untuk bisa memberikan informasi kepada para pendatang yang membutuhkan informasi,” katanya.